Masalah Seputar Kotak Komentar Posting (Full Detail)

Terasa teman-teman sudah lama bergelut di dunia blogger dan tentunya teman-teman juga memiliki jumlah posting yang cukup di blognya masing-masing (ya diukur dengan lamanya bergelut di dunia blogger). Tentu teman-teman yang sudah memilki banyak posting akan merasa senang kalau blognya dikunjungi oleh banyak orang, tapi rasanya ada yang kurang kalau hanya sekedar berkunjung dan baca-baca alias nampang doang, biar merasa lebih srek teman-teman akan lebih senang kalau para pengunjung tersebut meninggalkan komen mereka di postingnya teman-teman, iya nggak?^ Oh iya di postingan kali ini kita tidak akan membahas bagaimana cara agar para pengunjung blog kita mau berkomen di postingan kita (huhuhu...maksa dong) akan tetapi kita hanya saling sharing tentang latak kotak komen postingan kita, ya berhubung ini juga mempengaruhi kemudahan para pengyunjung dalam memosting komen mereka.

Secara teknis letak kotak komen di postingan kita ada tiga macam/bentuk: 1. Halaman penuh, 2. Jendela bermunculan (ala pop-up), dan 3. Disemat di bawah entri (kotak komen postingan blog ini contohnya).

Lalu bagaimanakah cara untuk mensetting kotak komen tersebut? Caranya gampang, teman-teman tinggal pergi ke halaman pengaturan/setting lalu pilih komentar/comment. dan di sana nanti teman-teman di suruh untuk mengatur terhadap opsi yang telah disediakan (berikut opsi yang harus diatur -detail-):

1. Teman-teman disuruh untuk mengatur kotak komen diperlihatkan atau tidak? Sebagai saran baiknya diperlihatkanlah, hitung-hitung sebagai motivasi bagi kita kan dari komen para pengunjung. Oleh karena itu pilih "Tampilkan"









2. Siapa saja yang bisa komen? Yang ini pilih "siapa pun" saja. Dengan begitu siapa saja bisa mengomentari postingan kita, tak terkecuali (anonymous/anonim/ orang yang gak menulis nama/tanpa nama juga bisa mengomentari postingan kita).









3. Maslah Penempatan Formulir Komentar? Nah yang ini nih yang paling penting. Jujur yang ini mempengaruhi mood para pengunjung dalam memosting komen mereka. Gak percaya ya gak apa-apa^ (menurut pengalaman saya ya begitu). Para peengunjung akan lebih merasa mudah dalam memosting komen mereka jika kita mensetting kotak komen tepat di bawah entri/postingan kita, oleh karena itu pilihlah opsi "disemat di bawah entri"







Tapi gini teman-teman, terkadang ada masalah untuk membuat tampilan komen berada di bawah entri/postingan. Beberapa template kotak komennya tidak bisa diseting di bawah entri (kecuali template klasik/yang disediakan oleh blogger). Oleh karena itu teman-teman tidak perlu khawatir+bingung dalam menghadapi masalah ini, karena kita bisa mengakalinya melalui trik berikut:

a. Login ke bloggernya sobat >> Lalu klik Pengaturan >> Komentar >> dan untuk opsi "Penempatan Formulir Komentar" pilih "Disemat di bawah entri" atau bahasa inggrisnya "Embedded below post" >> Kalau sudah klik SIMPAN SETELAN.

b. Nah, tahap pengaturan sudah selesai. Maka selanjutnya adalah tahap pengotak-ngatikan kode HTML template-nya teman-teman, maka langkahnya adalah Klik Tata Letak/ Layout >> Edit HTML >> Dan jangan lupa beri centang pada kotak "Expand widget templates".

c. Lalu cari kode berikut:

<p class='comment-footer'>
<a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'>
<data:postCommentMsg/></a>
</p>
</b:if>



d. Dan ganti kode di atas dengan kode berikut ini:

<p class='comment-footer'>
<b:if cond='data:post.embedCommentForm'>
<b:include data='post' name='comment-form'/>
<b:else/> <b:if cond='data:post.allowComments'>
<a expr:href='data:post.addCommentUrl' expr:onclick='data:post.addCommentOnclick'>
<data:postCommentMsg/></a>
</b:if> </b:if> </p> </b:if>




e. Yupz, simpan hasil kerjaan teman-teman. Nah, sekarang coba lihat tuh kotak komen posting-nya. Kalau kotak komen postingnya seperti kotak komen postingan blog ini, maka itu artinya anda telah berhasil, selamat!



4. Untuk "Default Komentar untuk Entri", maka pilih:





5. Lalu langsung lompat ke opsi "Pesan Formulir Komentar", ini gunanya untuk menampilkan pesan bagi para komentator blog kita, contoh untuk blog ini adalah seperti berikut:
















6. Untuk moderasi komen, pilih "tidak". Untuk verifikasi pilih "tidak" (untuk mempermudah para pengunjung). Dan untuk email pemberitahuan komen, silahkan diisi dengan alamat email anda=ini bertujuan agar setiap kali ada komen di postingan blog anda, maka secara otomatis akan ada pemberitahuan ke email anda.




Bagaimana teman-teman? Semoga dengan adanya postingan ini menjadikan kita tidak memikirkan maslah kotak komen postingan kita lagi, alias tidak masalah.^




Semoga bermanfaat []

Tags: mengenal kotak komentar posting, mengedit kotak komentar blogger, mendalami fungsi kotak komentar blogger, komentar blogger html script, mengatur kotak komentar blogger
Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal Lewat Hp
Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal Lewat Hp