Cara Mengatur Tag Heading h1, h2, h3, h4, h5, h6 di Blogspot dan Web

Cara Mengatur Tag Heading H1, H2, H3, H4, H5, H6 di Blogspot dan Web. Sejujurnya saya jarang dan hampir tidak pernah membahas tentang SEO di blog ini, kalau pun ada, itu hanya selingan semata, oleh karenanya saya tidak memasukkan post ini ke dalam kategori SEO akan tetapi tetap tutorial blogger, namun untuk beberapa post ke depan saya ingin sedikit membahas sekelumit tentang SEO yaitu singkatan dari Search Engine Optimization. Dan di kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang pengaturan Heading H1, H2, H3, H4, H5, H6 pada blog dan website, dengan begitu besar harapan saya bagi sobat blogger yang belum tahu tentang heading ini jadi tahu setelah membaca post ini, dan ternyata heading itu termasuk bagian penting dalam dunia blogging dan SEO lho sobat semua. Oh iya, post ini juga sekalian menjadi jawaban bagi para sobat blogger yang telah mengirim email ke saya dan bertanya tentang tag Heading di blog (sebelumnya saya minta maaf karena belum sempat saya balas satu per satu), semoga bermanfaat.

Ada baiknya sobat baca juga post tentang cara Mengganti Judul Blog Menjadi Judul Postingan sobat, karena kita akan membahas tentang tag heading yang tidak terlepas dari optimasi fungsi judul blog dan post di blogspot. Selamat membaca sob

heading tag h1, h2, h3, h4, h5, h6 di blog


Owh iya, sebelum masuk ke pembahasan inti. Perlu kita ketahui bahwa heading di web itu berfungsi sebagai penanda atau penunjuk bagi robot / bot Google ketika berada di web atau blog kita sehingga ia tahu bagian mana saja yang harus diprioritaskan terlebih dahulu untuk di-read, di-crawl, dan di-index oleh google search engine. Dengan kata lain, seperti yang telah saya utarakan di paragraf pertama bahwa pengaturan heading juga termasuk strategi dasar dan fital dalam dunia SEO. Pasalnya kita harus memilih dan menentukan dengan benar mana yang harus dibaca oleh google dan mana yang tidak perlu dibaca oleh google sama sekali, dan disini google bisa mulai menilai tentang kualitas blog kita, jika berkualitas google akan suka pada blog kita dan akan kerap tampil di halaman awal pencarian. Selain itu, tidak hanya masalah pembacaan oleh bot search engine, akan tetapi dalam proses load pun ternyata heading sangat berpengaruh dan berperan penting; artinya, suatu kata atau widget yang ditandai tag heading paling atas akan dibaca lebih awal, contoh; suatu kalimat yang ditandai tag H1 akan diload terlebih dahulu oleh browser web kita dibandingkan tag heading lainnya, setelah itu baru proses load diikuti oleh heading-heading lainnya seperti H2, H3, H4, H5, dan H6.

Agar tidak menimbulkan kesalah pahaman antara kita (hahah, bahasanya aneh, maaf ya), maka akan saya sajikan sedikit contoh susunan Heading, sehingga dengan adanya contoh ini sobat semua akan bisa memahminya dengan mudah dan tidak mudah lupa tentang susunan prioritasnya

<h1>bumi</h1>
<h2>asia</h2>
<h3>indonesia</h3>
<h4>NTB</h4>
<h5>Bima</h5>
<h6>Tambe (desa saya, haha)</h6>

Di atas itu hanyalah contoh, namun dalam praktek ketika kita menggunakannya di dalam web kita tidaklah persis seperti contoh di atas, berikut poin-poin penting tentang heading di blogspot dan web:


  • Seperti yang telah saya katakan sebelumnya, bahwa H1 menjadi urutan paling penting, itu baru heading lainnya seperti H2 hingga H6.
  • Disetiap halaman web kita (halaman post atau halaman home, hingga halaman statik seperti page) wajib ada satu tag H1 (ingat ya sob, hanya boleh ada satu tag H1, dan nggak boleh lebih), dan untuk tag H2 dan H3 maksimal sebanyak 8 di setiap halaman web kita, lalu untuk tag heading H4 sampai H6 boleh lebih dari 8 buah.
  • Semua heading yang telah kita tandai haruslah mengandung keyword atau kata kunci yang berkaitan dengan halaman tersebut (ini untuk menjaga kualitas konten web kita di setiap halamannya, menurut google seperti itu. jika tidak mengandung kata kunci keyword yang berkaitan dengan halaman tersebut, maka sia-sia); anggaplah saja kita sedang membahas tentang bola di halaman tersebut, maka H1 nya adalah bola itu sendiri, lalu H2 nya harus mengandung kata kunci yang berkaitan dengan kata tersebut, contoh; bola sepak. dan begitu juga dengan tag heading lainnya.
  • H1 digunakan untuk judul blog kita di homepage dan digunakan sebagai judul post kita di halaman postingan kita (dan harus kita atur di halaman edit template yang akan saya bahas di post ini nanti, silahkan dibaca dulu sampai selesai sob), lalu H2 digunakan untuk sub judul di post kita dan bisa kita atur manual tanpa harus edit kode template blog kita, dan selanjutnya H3 biasanya digunakan untuk judul widget atau pernak-pernik blog kita, dan diikuti oleh H4 dan seterusnya yang biasanya digunakan untuk menandai widget bagian footer (bawah) blog atau website kita. Dengan ulasan di poin terakhir ini sudah terlihat jelas bahwa berikut susunan prioritas di suatu blog/website; judul blog, judul postingan (artikel), judul widget, dan judul widget lainnya (yang berada di footer).


Sedikit rincian secara luas tentang penggunaan heading di blogspot:

Cara menggunakannya cukup dengan cara mengapit atau menjepit suatu kata atau judul dengan tag heading yang kita inginkan, contohnya seperti berikut ini

<h1>Kata yang diinginkan</h1>

dan cara di atas berlaku juga untuk tag heading lainnya. berikut rincian tag heading agar sobat tidak salah dalam menerapkan heading di setiap bagian yang diinginkan:


  • H1 harus jadi tag heading nama/judul blog kita, dan ketika berada di halaman post juga H1 bisa jadi tag heading untuk judul post kita
  • H2 sebaiknya digunakan sebagai tag heading untuk judul post artikel kita ketika berada di homepage (biasanya di homepage akan muncul banyak judul post), dan dijadikan sebagi tag heading sub judul ketika berada di halaman postingan kita
  • H3 sebaiknya digunakan untuk tag heading nama widget kita
  • H4 digunakan untuk beberapa widget lainnya termasuk untuk jumlah komentar di blog kita
  • lalu H5 biasanya digunakan untuk pemberian tag heading pada nama komentator yang berada di blog kita
  • H6 biasanya digunakan untuk memberikan tag heading di widget bagian footer (bawah) blog, contoh: link powered by blogger atau link si pembuat template blog (credit link).


Dengan sedikit rincian di atas sekarang saya yakin sobat semua sudah memiliki bayangan tentang aturan-aturan mengenai heading tag di web maupun blog blogspot. Sekarang lah saatnya kita beraksi! langsung praktek sob!

Cara Mengubah Judul Post Artikel Jadi H1


Seperti yang telah kita ketahui bahwa untuk judul blog sudah menjadi bawaannya berbentuk H1 (default), jadi tidak perlu diubah-ubah lagi. Yang perlu kita ubah sekarang ada tag heading pada halaman post blog kita, bukan tag heading post di halaman homepage yang sudah otomatis H2, dan menurut saya tidak perlu diubah lagi, berikut langkah-langkahnya:


  • Login ke blogger seperti biasanya
  • Lalu cari kode tag ini <h2 class='entry-title'><data:post.title/></h2> (gunakan Ctrl+F, agak cepat ketemu)
  • lalu ganti kode tersebut dengan kode ini <h1 class='entry-title'><data:post.title/></h1>
  • klik simpan template!
  • Selesai


lalu selanjutnya adalah

Cara Menggunakan tag Heading H2 dalam Postingan


Tag heading H2 dalam postingan di pasang pada sub judul post kita, tujuannya adalah untuk menekankan bahwa itu adalah bagian penting yang menjadi anak dari judul utama post kita dan masih memiliki hubungan erat, dengan kata lain tag H2 digunakan pada sub judul post. berikut contohnya:

ini adalah judul
ini adalah paragraf pertama yang berisi deskripsi dan basa-basi tentang judul post kita beserta rincian tentang judul yang kita gunakan; alasan mengapa kita menggunakan judul tersebut dan pengantar tentang judul tersebut.
<h2>ini adalah sub judul</h2>
disini isi rincian dari sub judul di atas

nah, dari contoh di atas kita langsung tahu bahwa untuk menggunakan H2 dalam post kita tinggal kita apit atau jepit saja kata-kata yang ingin kita jadikan sebagai sub judul dengan kode tag html <h2>sub judul</h2> (catatan: jangan lupa! kata-kata dalam H2 harus mengandung keyword yang berada di judul post atau H1)

Ada cara lain dan relatif lebih mudah untuk menerapkan H2 dalam post kita yaitu dengan menggunakan tool heading bawaan blogger, berikut caranya:


  • login ke blogspot seperti biasanya
  • lalu menuju ke halaman pembuatan post (create post)
  • lalu tulis apa saja dalam mode "compose" bukan "HTML"

mode compose post blogger


  • Blok dengan mouse sobat kata-kata yang ingin dipasang H2

blok kata h2


  • Seperti yang terlihat di gambar di atas, setelah memblok kata-kata yang ingin dijadikan sub judul, lalu klik tool "Normal" dan pilih Heading untuk menerapkan H2 pada kata-kata tersebut.
  • Jika kita lihat di mode "HTML", maka kata-kata yang barusan kita terapkan H2 menjadi seperti berikut ini:

h2 html mode


  • Selesai, post siap dipublish!


Selanjutnya cara menerapkan H3 pada judul widget blog..

Cara Mengubah H2 Menjadi H3 pada judul Widget Blogspot


Pada dasarnya, semua judul widget blogspot yang berada di blog kita secara default atau bawaan aslinya menggunakan tag heading H2, dan secara SEO ini kurang bagus. Maka dari itu kita harus mengubahnya menjadi H3 secara manual sob, berikut caranya:


  • Login ke blogspot (saya anggap sobat sudah login, dari tadi suruh login terus sih. haha)
  • Lalu menuju menu "Template"
  • Lalu klik "Edit HTML"
  • Cari semua widget yang ada, dengan begitu kita akan langsung mengubah tag heading H2 pada judul widget menjadi H3.
  • Cara mudah dan praktisnya yaitu dengan cara klik id widget melalui fitur "Jump to Widget" yang berada di edit html kita, seperti berikut:

jump to widget blogspot


  • Lalu klik semua id widget yang ada, kecuali id Blog1 (ini adalah id layout blog kita, walau termasuk widget tapi ini bukan widget biasa)
  • Silahkan lihat di gambar berikut ini, saya akan memilih id widget dengan nama HTML1 yang berada di blog saya:

html1 widget blogspot


  • maka berikut kode HTML1 tersebut

kode html widget html1


  • seperti gambar di atas, yang saya tandai dengan kotak warna merah adalah kode ringkasan untuk widget dengan id HTML1. Untuk mulai mengedit tag heading pada judul widget-nya sobat harus mengklik pada bagian yang telah saya tandai dengan segitiga hijau, maka kode yang akan muncul adalah seperti ini (ini kode di template saya sob, kurang lebih kode di template sobat juga mirip):

<b:widget id='HTML1' locked='false' title='Admin' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != ""'>
<h2 class='title'><data:title/></h2>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
</b:includable>
</b:widget>

  • Nah, pada bagian yang telah saya beri tanda merah itu (lihat kode di atas) harus di ubah menjadi h3, sehingga kodenya menjadi seperti berikut ini:

<b:widget id='HTML1' locked='false' title='Admin' type='HTML'>
<b:includable id='main'>
<!-- only display title if it's non-empty -->
<b:if cond='data:title != ""'>
<h3 class='title'><data:title/></h3>
</b:if>
<div class='widget-content'>
<data:content/>
</div>
</b:includable>
</b:widget>

  • Gampangkan? yap, selesai! jangan lupa klik Save Template atau simpan template agar hasil editing template nya kesimpan semua sob.


Dengan menggunakan Cara Tips Trik di atas maka sobat telah memiliki struktur tag Heading yang benar dan baik di blog dan website sobat, baik untuk siapa? Baik untuk sobat semua dan baik di mata search engine (Google, Yahoo, Bing, dan kawan-kawan). Dengan demikian, semoga blog dan website kita bisa diindex oleh search engine dengan baik dan harapannya bisa nongol di halaman-halaman awal hasil pencarian google-dkk sehingga peluang mendapatkan trafik / kunjungan dari orang-orang di seluruh dunia semakin besar, dan tentunya dapat trafik melimpah itu banyak untungnya lho sob.

Sekian dulu post tentang cara mengatur tag heading h1, h2, h3, h4, h5, h6 di blog blogspot. Semoga bermanfaat dan jangan lupa dibagi-bagi informasi ini ke sobat-sobat blogger lainnya. Terima kasih
Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal Lewat Hp
Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal Lewat Hp