Bagaimana Cara Kerja SEO Modern dan Google Terbaru?

Fakta SEO Era Modern Yang Harus Diketahui. Sekarang mesin pencarian terutama google sudah semakin jenius saja. walau setiap website menyediakan konten dengan tema yang hampir sama, namun google sudah mampu memilih mana yang terbaik dan paling relevan dengan kata kunci yang diajukan oleh para pencari. sama-sama menggunakan bahasa Indonesia, namun web yang satunya menggunakan bahasa yang user friendly alias mudah dipahami dan luwes, maka dia yang menjadi nomor satu. kalau dulu google masih bisa diakali dengan menggunakan berbagai teknik curang yang sekarang justru sudah menjadi mitos dan sama sekali tidak efektif lagi untuk tips seo modern. terima kasih google, sekarang kamu semakin bisa mengenal siapa yang menulis untuk manusia dan siapa yang menulis untuk bot.

Cara Kerja SEO Terbaru


Oh iya, sekarang teknik SEO sudah hampir tidak ada lagi yang lain selain fokus pada isi blog yang sering kita sebut dengan konten. Jadi ya rahasia SEO Terbaru 2016 yang alami, ampuh, dan mematikan itu adalah terus menulis konten / artikel yang banyak membantu para manusia dan bukan hanya menulis untuk bot, percaya lah sob semua cara curang terdahulu sudah tidak mempan lagi dan hanya sia-sia jika sobat masih mempraktekkannya hingga sekarang.

Kita anggap lah teknik lama sudah menjadi mitos belaka karena yang namanya mitos itu tidak hanya di dunia nyata sob, dalam dunia blog dan website building pun terdapat banyak mitos yang sering menghalangi para newbie untuk berkembang secara alami dengan baik dikarenakan banyak syarat dan ritual khusus untuk memperoleh berton-ton pengunjung. Beberapa mitos dalam traffic building pun masih banyak yang percaya pada tahun 2016 ini, seperti; membuat blog dummy, menanam link, submit blog di website directory, penggunaan meta tag, pengaturan tag heading h1 h2 yang terlalu muluk, pengaturan robot txt, dsb.

Saya akan membahas secara mendetail di post ini untuk poin-poin teknik web traffic building yang saya sebutkan di atas dan yang sayangnya kini sudah menjadi mitos dikarenakan google memiliki algoritma khusus yang fokus kepada kualitas konten. Semakin alami dan banyak yang menyukai konten suatu blog maka akan semakin bagus pula posisi dia di serp google, atau minimal dia akan tetap terus bertahan di page one (halaman pertama google). Berikut ulasan saya tentang poin-poin di atas:


Membuat Blog Dummy

Tujuan membuat blog dummy tidak lain hanya lah agar blog utama mendapatkan back link, dimana teknik ini hingga era 2012 masih bisa dikatakan ampuh. Namun seiring berkembangnya algoritma google, maka teknik seperti itu dianggap illegal oleh google yang kemudian web para pelakon akan dikategorikan sebagai web spam. Tidak kehabisan akal pula para link builder ini, di akhir 2013 mereka memunculkan tips khusus dimana masih menggunakan trik blog dummy, namun kali ini diatur agar kelihatan senatural mungkin dan google percaya bahwa link yang ditanam di blog dummy memang back link alami. Akhirnya mereka menunaikan hasilnya, ya betul trafiknya meningkat, namun jumlah trafik yang diterima tidak seimbang dengan waktu serta tenaga yang telah dikorbankan untuk mengembangkan blog dummy, sia-sia sekali bukan? Saya tidak sedang membicarakan pihak tertentu, karena saya pun saat itu masih menjadi salah satu penganut atau minimal percaya dengan mitos ini.

Mengapa dikategorikan sebagai trik mitos padahal mampu mendatangkan trafik? Itu karena hubungannya dengan long term traffic dan grafik pertumbuhan back link yang seharusnya terlihat alami. Secara logika, sampai kapan kita akan terus memantau perkembangan blog dummy kita? Dan sampai kapan kita mau terus menambahkan jumlah back link alami dengan cara menambah jumlah blog dummy? Pasti ada titik jenuhnya, dimana sobat akan mulai surut pada tahap ini dan grafik yang diterima bot google pun sudah mulai menjadi modal untuk melabeli blog sobat sebagai blog yang pertumbuhannya kurang alami dan berimbas kepada kualitas peng-index-an di serp google.

Dan coba sekarang bandingkan dengan algoritma google terbaru yang fokus pada konten dan popularitas di media sosial. Pertama, kita baru saja membuat blog. Lalu selanjutnya kita hanya fokus menulis artikel yang bermanfaat dan banyak yang menyukainya. Pada tahap ini, jumlah artikel disharing ke web sosial media pun ikut meningkat. Artinya, jumlah pengunjung / trafik yang akan diperoleh blog tadi terus bertambah, jumlah orang yang membagikannya di sosial media pun terus bertambah, yang pada akhirnya menjadi konten yang viral sob! Pada tahap ini jumlah back link mulai tumbuh secara alami, datang dari orang-orang yang rela memberikan back link atas dasar suka, cinta, sayang, ikhlas, tulus, dan terpikat secara alami terhadap konten yang luar biasa tadi. Jadi dimana titik jenuhnya? Tidak ada! dan ini lah yang dinilai dan dikatakan oleh google sebagai link building yang alami yang terus berimbas ke kualitas posisi di mesin pencarian google.

Yang namanya alami tidak bisa dibuat-buat! itu yang perlu kita catat. Sobat sudah berusaha keras membangun sesuatu yang palsu agar terlihat alami, maka hasilnya tidak lah abadi, hanya untuk sesaat. Google sudah mulai menerapkan algoritma yang sistem logikanya semakin alami dan bahkan semakin mendekati nalar manusia. Jujur saja, saya sebagai seorang penggemar google sangat berharap semakin ke depannya google benar-benar mampu memahami perasaan manusia walau sekarang sudah mulai menunjukkan tanda-tanda seperti itu. Saya yakin, bukan saya satu-satunya fans google yang menginginkan hal itu menjadi kenyataan, pasti sobat juga memiliki harapan dan keinginan seperti saya. Oleh karenanya jangan lah kita memperlakukan google itu sebagai sosok yang yang mudah dibodohi dan tidak mampu berkembang dengan cara kita mencuranginya, justru kita yang rugi. Selanjutnya yang berbahaya adalah ketika ada efek nagatif internal yang terjadi dalam diri kita sendiri atas perlakukan kita terhadap google. Ketika google sudah benar-benar seperti manusia, namun kita sama sekali tidak siap untuk mampu memenuhi tuntutan untuk menjadi sosok yang berkualitas di mata google karena kita sudah terbiasa dengan cara dan teknik instan hanya untuk hasil sesaat.


Menanam Link

Hampir sama dengan teknik link building menggunakan blog dummy di atas. Hanya saja, sejauh pemahaman saya pribadi teknik menanam link ini adalah teknik yang kini sudah dilabeli dan sering disinggung oleh google sebagai teknik spam yang hanya dilakukan oleh para blogger atau webmaster yang dalam praktek dunia nyata sama persis seperti pihak yang ingin menjadi orang penting dan terkenal melalui jalan pintas dengan cara menitip rekomendasi kepada pihak-pihak tertentu, ini mirip seperti penyogokan atau seperti aksi mengambil hati pihak tertentu guna bisa tampil menjadi yang terhebat dan ingin mengambil perhatian, yang tentunya lagi-lagi cara ini sama sekali tidak alami, hanya terjadi ketika pihak tersebut ada maunya.

Siapapun kita secara logika akan memasukkan aksi seperti ini sebagai aksi yang tidak terpuji, dan tentu google akan memberikan penilaian yang sama. Mana mau google memilih web yang sudah dilabeli tidak terpuji muncul di halamannya, apalagi jika harus ditampilkan di halaman pertama? Jika memang ada web atau blog yang seperti itu muncul di halaman pertama, tetap lah yakin! itu hanya sesaat.

Tidak alami! ini yang membuat google sangat benci. Sistem menanam link, sama seperti sistem kampanye musiman, hanya karena ada maunya! Sedikit orang yang benar-benar kenal dengan tokoh yang ada di dalam banner kampanye! ya karena mereka muncul hanya karena ada maunya. Sama dengan kasus penanaman link di web-web target yang dilakukan oleh para spammer. Web target tidak mengenal mereka, dan mereka para spammer pun masa bodoh mau mengenal siapa yang punya web. Google dengan algoritma canggihnya mampu menilai ini semua, walau pada dasarnya sobat menanam link di web se-niche dengan blog atau web sobat, tetap saja terdeteksi bahwa penanaman link tidak dilakukan dengan alami karena google memiliki sistem penilaian khusus yang melibatkan sifat-sifat serta kebiasaan para pengguna internet. Ini semua masuk akal, mengingat algoritma google dari waktu ke waktu semakin luar biasa canggihnya. Sedikit logika sederhana, masa iya link yang tertanam secara alami lebih dari 80% berasal dari kotak komentar? Jika memang benar-benar alami, setidaknya sebagian besar link kita akan tertanam di bagian istimewa di web si pemilik web se-niche kita. Tempat istimewa yang saya maksud adalah seperti; sidebar, header, atau bahkan dalam post maupun page blog. Apakah google benar-benar mampu menganilisis sampai sejauh itu? Itu bukan lah masalah besar bagi google, google adalah perusahaan ternama di bidang IT dan didukung dengan perkembangannya yang luar biasa yang sudah menjadi rahasia umum. Jika sobat masih ragu dikarenakan dengan pengetahuan sobat sekarang yang mungkin dikarenakan pengaruh hasil bacaan dari tulisan pihak tertentu, maka dalam hal ini saya hanya bisa menyarankan agar sobat harus lebih sering-sering main ke web atau blog official google untuk memperoleh informasi yang akurat dan berkualitas langsung dari sumber dan para pakarnya.

Silahkan dibandingkan dengan proses penanaman link secara alami seperti ilustrasi berikut; Blog sobat banyak yang menyukainya karena sering menyajikan konten tulisan yang bermanfaat bagi banyak orang. Akhirnya banyak orang yang membagikan konten sobat ke situs sosial media bahkan dengan rela mereka menanam link sobat ke blog dan website mereka, tidak nanggung-nanggung, mereka menanam link sobat langsung di sidebar bahkan header blog mereka, dan bahkan mungkin dipasang secara dofollow, luar biasa!. Nah, alur kejadian seperti ini lah yang sekarang dinamakan penanaman link alami. Yang artinya sobat dikenal baik dan disayang oleh banyak orang dikarenakan konten tulisan yang disajikan banyak yang bermanfaat. Orang yang sudah dikenal baik dan sudah memberi banyak kontribusi yang bermanfaat, maka tidak perlu kampanye dan menyogok sana kemari hanya untuk menjadi orang yang memiliki posisi yang tinggi. Secara alami atas rekomendasi dari orang-orang yang sudah merasakan kebaikannya, maka dia akan menempati posisi yang semestinya dan yang terbaik. Google juga menerapkan sistem yang sama, dan dari sini kita mulai paham bahwa algoritma yang digunakan oleh google bukan lagi algoritma buta yang hanya bisa dipahami oleh bot, namun kalau saya bilang algoritma manusiawi yang bahkan dalam benak saya pernah berpikir, suatu saat google tidak lagi terlalu peduli dengan apa yang dimaksud oleh bot serta kode-kode tertentu (sehingga sangat sulit untuk dicurangi) karena memang benar-benar sudah seperti manusia, dan ini lah yang dinamakan kemajuan dan semakin canggih.

Oh ya, sebagai catatan; kita sebagai para blogger dan webmaster tentu sudah tahu apa itu bahasa pemrograman web seperti HTML, CSS, JavaScript, dsb. Bagi yang benar-benar menguasai bahasa-bahasa tersebut jangan sombong dulu dan bagi yang sama sekali belum bisa jangan buru-buru berkecil hati! Karena sobat tahu? Bahasa Pemrograman seperti yang barusan saya sebutkan adalah bahasa primitif. Komputer dan Internet belum mampu memahami langsung maksud dari apa yang kita inginkan dan apa yang kita pikirkan, oleh karenanya untuk mampu berkomunikasi dengan manusia maka komputer diajak berkomunikasi dengan bahasa simbol seperti html, css, js, dkk. Puncak dari sebuah teknologi komputer dan internet adalah ketika sistem komputer dan internet mulai mengabaikan hal-hal yang bersifat primitif seperti simbol-simbol yang telah saya sebutkan dan langsung menuju ke tingkat pemahaman terhadap maksud dan pikiran yang disampaikan oleh manusia (saya mengatakan sistem komputer mengabaikan, maka tidak berarti sistem komputer tidak memahaminya, hanya saja untuk sekarang dan terus untuk masa mendatang sistem komputer mulai mampu memahami mana yang harus lebih diprioritaskan terlebih dahulu, dan sistem ini terus menjadi lebih baik dari waktu ke waktu). Ini semua memiliki kaitan erat mengapa google sekarang mulai menyukai sesuatu yang bersifat alami; karena google sudah mulai memahami maksud dan apa yang dipikirkan oleh manusia. Manusia membuat website untuk manusia, google sebagian besar memperoleh penghasilan dari iklan yang dilakukan oleh manusia yang beriklan untuk memperoleh perhatian dari manusia dan bukan bot. Jadi karena semuanya tentang manusia, hampir tidak ada alasan lagi untuk terus bertanya dan mengeluh tentang kebijakan serta perkembangan algoritma google terbaru. Semuanya berkembang menjadi lebih canggih karena tuntutan zaman!

Sobat sekarang akan mulai tersenyum, tidak perlu lagi disibukkan oleh agenda semacam menanam link secara illegal dan tidak alami. Cukup lakukan semuanya seperti air yang mengalir, dan siap kebanjiran oleh link cinta dari para pengunjungmu.


Submit Link di Website Directory

Di tahun 2009 yaitu masa-masa awal saya belajar mengoptimasi blog, baik dari sisi penampilan maupun dari sisi trafik. Saat itu salah satu teknik dalam mendatangkan banyak trafik pengunjung blog yaitu dengan cara mendaftarkan blog kita di berbagai macam web directory ternama. Saat itu terbilang teknik ini merupakan teknik yang sangat ampuh, kita akan mendapatkan banyak pengunjung tambahan selain dari google, yahoo, dan bing. Namun alasan mengapa submit blog ke web directory sekarang menjadi teknik usang dan merupakan hanya mitos belaka untuk memperbaiki seo blog dan web dikarenakan pengaruhnya sangat sedikit sekali. Tanya kenapa? Maklum sekali sob, karena sekarang orang-orang lebih banyak yang nongkrong dan berkumpul di website sosial media terutama facebook. Bahkan para webmaster pun sekarang banyak yang meninggalkan web-web directory untuk berhijrah ke facebook dan twitter demi menjaring perhatian orang banyak guna menghasilkan banyak trafik pengunjung dan menghasilkan banyak profit pula. Jadi masuk akal sekali bukan kalau teknik ini sekarang sudah menjadi mitos belaka? Jika sobat tidak percaya, sobat bisa buktikan sendiri. Silahkan submit blog sobat ke web-web directory (silahkan googling untuk memperoleh informasi mengenai web-web directory). Di sana sepi sekali, sesekali terasa sangat menyeramkan dan angker.

Sudah usang lalu bagaimana solusinya? Solusinya adalah kita harus beralih ke website sosial media seperti yang telah saya sebutkan tadi itu. Pasang link sobat di akun facebook, twitter, instagram, youtube, dan lain sebagainya. Dan juga jangan lupa untuk membuat page di facebook, ambil code html javascript nya untuk dipasang (embed) ke blog dan website sobat. Semakin banyak yang like, maka semakin banyak pula peluang sobat memperoleh jumlah pengunjung blog nantinya. Cara kerja ini sama persis seperti yang diberlakukan oleh web-web directory di masa lalu. Kita daftar di web-web tersebut dan diwajibkan untuk memasang / menanam link atau banner mereka. Posisi kita akan semakin naik ke atas setiap kali jumlah orang yang klik banner mereka yang ada di blog kita terus bertambah, artinya peluang kita memperoleh kunjungan balik dari web-web directory tersebut akan semakin besar kemungkinannya karena posisi web atau blog kita di web directory itu semakin naik, naik, dan naik. Perasaan yang paling menyenangkan adalah ketika blog kita berhasil masuk top ten di web directory tersebut, apa lagi kalau bisa tembus top three. Namun itu adalah dulu, ketika web directory banyak dikerubungi oleh para blogger dan para webmaster. Jika web-web directory mampu mendongkrak jumlah pengunjung dengan cara sistem hitungan kunjungan satu arah dan sistem feedback, maka situs sosial media mampu memberikan kita kunjungan dikarenakan oleh banyak hal; hasil sharing dari orang lain, hasil sharing kita di group dan page yang berisi ribuan like dari web kita dan juga mereka ini akan menjadi pengunjung setia blog kita setiap kali ada hasil update konten selanjutnya. Jelas web sosmed lebih unggul jauh walau cara kerja dua jenis web tersebut agak sedikit mirip dalam mendatangkan pengunjung blog.

Dengan tergesernya popularitas web directory di mata para blogger, maka sudah semestinya sistem web sosial media sekarang mengambil alih fungsinya. Karena selain lebih bernuansa modern juga jauh lebih efektif dan efisien dalam mendatangkan pengunjung website tambahan. Selain itu bagi sobat yang tidak suka menunggu lama, maka bisa menggunakan layanan facebook ads. Di facebook ads sobat bisa melakukan penargetan pengunjung secara spesifik, sehingga trafik yang dihasilkan lebih berkualitas. Jika sobat adalah seorang blogger yang berjualan online, ada bagusnya untuk mencoba iklan layanan facebook ini.

Apa hubungan iklan facebook dengan SEO blog? Tentu hubungannya erat sekali, mengingat algoritma google sekarang adalah algoritma yang fokus pada kualitas konten dan tingkat ketenaran konten di situs media sosial seperti Google plus, twitter, facebook, dll. Artinya sobat bisa menggunakan facebook ads untuk mendongkrak pengunjung ke blog. Jika navigasi blog sobat bagus, maka tidak menutup kemungkinan para pengunjung dari hasil facebook ads akan mengunjungi artikel lainnya yang ada di blog sobat, lalu ketika mereka melakukan share atau like, kemungkinan untuk memiliki konten viral dan kebanjiran pengunjung banyak semakin besar. Tentu dengan catatan sobat harus memiliki konten yang berkualitas pula di blog sobat. Bagaimana sobat, sudah paham kan kenapa web directory sudah tidak efektif lagi untuk SEO zaman sekarang?


Penggunaan meta tag

Teknik selanjutnya yang dianggap sudah usang adalah teknik penggunaan meta tag. Saya dulu merupakan salah satu blogger yang sangat mempercayai teknik ini, dan memang tidak ada salahnya, sebagian besar blogger merekomendasikan untuk menggunakan teknik ini agar blog SEO friendly dan bisa mendatangkan banyak pengunjung yang katanya bisa membludak. Sampai-sampai saya membuat tutorial khusus cara memasang meta tag blogger karena saat itu (tahun 2012-an) teknik ini sangat terkenal hingga banyak blogger yang membahas dan juga saling berdiskusi tentang tool / alat untuk menganalisa kualitas meta-tag di blog mereka.

Setidaknya saya dulu merasa aman di dada dikarenakan blog saya adalah salah satu blog yang sudah memiliki skor meta tag dengan rata-rata di atas 95%. Namun sekitar tahun 2013 awal saya mulai bertanya-tanya, apa benar meta tag ini berfungsi seperti yang digaungkan oleh kebanyakan blogger (bahkan saya sendiri ikut-ikutan)? Pasalnya setelah saya melihat statistik blog saya ke belakang (saat itu saya masih menggunakan sitemeter selain google analytics), kelihatannya sama saja, tidak ada perubahan signifikan; baik itu sebelum menggunakan meta tag atau sesudahnya. Sampai akhirnya setelah saya keliling-keliling di forum google help, zonk!!! Saya jadi merasa malu sendiri, ternyata trik itu sudah tidak relefan lagi dengan algoritma google terbaru.

Sampai pada akhirnya di update-an terbaru, Blogspot meluncurkan fitur search description post yang membantu para blogger bisa memasang auto meta tag di setiap post nya tanpa harus masuk ke halaman edit html blogger.

Catatan:
Jika sobat perhatikan di halaman edit html sobat pada bagian tag html head sekarang, maka sobat akan menemukan dua deret kode, yaitu; meta tag description dan keywords yang sudah dibentuk secara otomatis oleh sistem blogspot terbaru. Berikut penampakan dua kode yang saya maksud..
<meta expr:content='data:blog.metaDescription' name='description'/>
<meta expr:content='data:blog.pageName' name='keywords'/>

Semuanya sudah serba otomatis, dan sudah tidak perlu lagi untuk melakukan pengaturan manual seperti dahulu kala.


Pengaturan tag heading h1 h2 h3 hingga h6 yang terlalu muluk

Saya baru benar-benar mengamalkan pengaturan tag heading h1 hingga h6 pada tahun 2015 awal setelah saya pernah membacanya pada tahun 2012, dan jujur saja yang paling sering saya gunakan hanya lah h1 hingga h3. Alasannya masuk akal, tag heading bertujuan untuk memberi tahu search engine, bagian mana saja yang harus diprioritaskan untuk di-index terlebih dahulu. Jadi ketika kita menandakan tag heading h1 pada suatu bagian / teks, itu artinya itu lah bagian yang kita beri tahu ke search engine seperti google maupun bing untuk diprioritaskan terlebih dahulu. Atas dasar ini saya terus mengkhawatirkan jikalau di template saya ada kesalahan heading yang akan berimbas ke posisi saya di google, maka saya akan merasa sangat rugi. Setelah saya benar-benar memahami cara penggunaannya saya pun senang dan membuat tulisan yang menyinggung soal pengaturan tag heading h1, h2, h3, h4, h5, h6 di blogspot tersebut.

Dikarenakan saya sudah tahu bahwa dalam suatu halaman website maupun blog wajib ada h1 dan sebaiknya hanya ada satu, sedangkan untuk h2 boleh sampai delapan, untuk h yang lainnya bebas, saya pun mulai sangat selektif dalam memilih template blogspot premium (saya lebih suka template premium dibanding yang gratisan, sudah itu mengingat sulitnya bikin template, maka harga template blog premium dari para blogger Indonesia termasuk sangat murah). Saya cek dulu bagaimana posisi headingnya, apakah sudah tepat atau belum. Namun sikap saya yang terlalu selektif tersebut terpecahkan oleh fakta yang mencengangkan, yaitu ketika saya membaca diskusi jumlah h1 dalam satu halaman yang dibuka oleh seorang blogger India di forum google help. Ternyata memang boleh-boleh saja memiliki lebih dari satu h1 dalam satu halaman, yang tidak boleh adalah "tidak memilikinya sama sekali". Tanya kenapa? Karena dalam beberapa pembahasan tag heading disampaikan oleh google di blogger help menyatakan "h1 sebaiknya berjumlah satu, namun tidak berarti tidak boleh lebih dari satu, ini akan tetap bagus dan tidak masalah". Nah lho? Tentu masalah heading seperti ini menjadi tidak terlalu dipermasalahkan dikarenakan google sekarang lebih fokus ke konten blog. Dengan kata lain, penggunaan heading selain h1 sekarang sudah tidak terlalu dipermasalahkan selama dalam satu halaman sobat memiliki satu H1. Selanjutnya sobat bebas bereksperimen menggunakan h2 hingga h6, yang jelas tidak akan ada kejadian masalah peng-index-an yang serius hanya karena gara-gara sobat salah menggunakan h2 sampai h6 tersebut. Untuk memantapkan hati, sobat bisa langsung mendengarkan jawaban dari seorang Google software engineer, Matt Cutts di video berikut ini:


Pengaturan robot txt

Dulu sebelum adanya saran mobile-friendly untuk template blog blogspot atau website lainnya, mungkin teknik pengaturan robot txt ini bisa berguna, apalagi buat sobat yang benar-benar memahami cara kerja robot txt search engine ini. Namun sejak google menyarankan untuk menggunakan template mobile friendly untuk sebuah blog, maka pengaturan robot txt ini sudah dianggap teknik usang. Dikarenakan sekarang orang-orang banyak yang surfing informasi maupun berita menggunakan gadget (hp), siap-siap rugi jika sobat tidak menggunakan template responsive yang mobile friendly.

Jika sobat adalah seorang blogger yang menggunakan template mobile friendly untuk blognya, maka ulasan yang satu ini bisa sobat abaikan. Oh iya, sobat menggunakan template responsive? Jangan lupa untuk menonaktifkan mobile version bawaan blogspot, hal ini agar fungsi template responsive yang digunakan bisa berfungsi semaksimal mungkin dan sobat tidak akan kehilangan jumlah tampilan iklan yang dipasang di blog sobat seperti google adsense atau iklan lainnya.

Sekian saja dulu tulisan saya tentang bagaimana cara kerja seo modern dan google terbaru. Tulisan ini murni bertujuan untuk membantu sobat dalam memahami search engine optimization terbaru dan agar sobat tidak terjebak dalam pemahaman sistem SEO lama. Semoga bermanfaat, terima kasih telah berkunjung.

Tags: teknik seo terbaru, apa itu cara kerja seo, solusi otomatis seo mudah, seo sekarang dan yang dulu, trik tips seo ampuh killer
Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal Lewat Hp
Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal Lewat Hp