Google Drive Ditutup - Firebase Hosting Solusi Upload Javascript dan Gambar

Google Drive Ditutup - Firebase Hosting Solusi Upload Javascript dan Gambar. Sekitar 17 jam yang lalu sejak saya mempublikasikan postingan ini, saya memperoleh kabar yang menyedihkan sekaligus mengagetkan dari pihak google melalui email saya yang berisi tentang penonaktifan layanan file host yang disediakan oleh google di web file hosting yang kita kenal dengan Google Drive! Jujur saja, sejak dulu sekali saya menggunakan jasa google site untuk menghost file, sampai akhirnya hadir google drive, hati saya sangat riang. Blogger dan webmaster mana yang tidak bahagia menggunakan google drive? Seperti yang telah kita ketahui, kita bisa hosting file javascript, css, gambar, hingga video dengan total kapasitas hingga 15 GB dan terus bertambah, namun sekarang dalam hitungan hari layanan itu akan berakhir dan google menawarkan Firebase sebagai web hosting alternatifnya. Berikut isi email dari google tersebut:

email gmail tentang firebase


Seperti yang tertera di dalam email tersebut bahwa layanan host akan dihentikan, dan google menyarankan kita untuk menggunakan blogger sebagai tempat web host serta firebase sebagai alternatif penyimpanan file seperti di google drive.

Menurut saya pribadi, kebijakan google akan hal itu tidak begitu mengherankan walau cukup membuat saya kaget. Itu karena belakangan ini storage atau kapasitas google drive ini sering disalahgunakan oleh beberapa pihak seperti para penyedia konten download free movie terbaru, dimana aksi ini akan benar-benar memakan banyak space hosting milik google dan belum lagi nanti bandwidth pasti akan menjadi bengkak dan meledak pula, jadi wajar google ngambek, hehe. Namun menjadikan google drive sebagai tempat hosting file javasript dan css seperti yang dilakukan oleh kebanyakan blogger tidak lah masalah, justru di situ lah menurut saya pribadi google drive ini digunakan secara bijak dan baik, bukan digunakan secara membabi buta dan tentunya ada pihak yang dirugikan yaitu google itu sendiri. Walau terus terang, download file movie yang disediakan oleh para uploader melalui google drive merupakan cara download movie yang mudah dan menyenangkan karena tidak ribet, apa lagi speed downloadnya tidak dibatasi seperti yang banyak dilakukan oleh web tempat upload file lainnya, dan di google drive tidak ada iklan liar yang sembarangan nongol!

Oke baik lah, sesuai dengan judul di postingan kali maka kita akan membahas firebase hosting sebagai solusi tempat menyimpan file seperti js, gambar, css, hingga file xml template blogspot. Dan untuk memudahkan sobat-sobat semua, saya telah membuatkan tutorialnya dalam bentuk video via youtube, silahkan nonton tutorial video menggunakan firebase untuk hosting file berikut ini:


Jika koneksi sobat kurang mendukung, silahkan untuk mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Silahkan untuk mengunjungi https://www.firebase.com

2. Klik tombol "Login to legacy console"

3. Login menggunakan akun google sobat.

4. Klik tombol "Create New Project"

create new project firebase


5. Selanjutnya akan muncul pop up create a project. Silahkan untuk mengisi kotak (1) dengan nama project sobat, contoh: blog muhbalak. Ini akan menjadi alamat url project file host milik sobat, lalu untuk kotak (2) isikan dengan negara sobat.

create a project firebase


6. Alihkan perhatian sobat pada menu yang berada di sidebar kiri, klik "storage"

menu storage firebase


7. Selanjutnya, sobat bisa langsung upload file atau bikin folder. Saran saya agar sobat membuat folder supaya nanti lebih tertata rapi file yang ada dalam project firebase milik sobat.

create folder firebase


8. Selanjutnya klik folder yang sudah berhasil dibuat, lalu mulai upload file yang ada di komputer sobat. klik tombol biru "upload file". Pilih file yang hendak di-upload!

9. Selanjutnya, untuk memasang file js (Java script) atau file gambar di blog, maka sobat membutuhkan url file-file tersebut. Untuk memperoleh url nya, klik file yang baru saja di-upload, maka akan muncul detail file di sebelah kanannya. Silahkan untuk memperhatikan pada bagian yang saya tandai dengan warna merah berikut ini (untuk menuju bagian itu, sobat bisa menggunakan scroll bar pada browser dengan klik kiri pada mouse, karena jika menggunakan scroll mouse, halaman akan susah menetap di bagian bawah. Semoga google memperbaiki kesalahan ini):

file location storage firebase


10. Pada bagian "file location", klik "download url" untuk memperoleh url file dan bukan pada bagian storage location. Ketika sobat mengkliknya, maka secara otomatis url ter-copy dan siap di-paste-kan di notepad atau langsung ke post maupun template sobat.

download url firebase


Berikut ini adalah contoh url file yang saya peroleh, sobat bisa membukanya dengan cara mengunjungi url di bawah ini dan sebagai bukti bahwa firebase benar-benar bisa digunakan untuk hosting file seperti di google drive:

URL file Javascript

https://firebasestorage.googleapis.com/v0/b/muhbalak-demo.appspot.com/o/js%2Fsitemap.js?alt=media&token=0547a2b7-ece3-4ab3-991d-3ec6283e704c

URL file gambar / foto

https://firebasestorage.googleapis.com/v0/b/muhbalak-demo.appspot.com/o/gambar%2Fmuhbalak-black-white.jpg?alt=media&token=49aa0ea2-7720-477a-af56-ea5438fcf85e

Bagaimana, mudah sekali bukan menggunakan firebase sebagai tempat hosting file dan merupakan alternatif google drive yang tepat?. Sekian saja dulu postingan saya tentang Firebase Hosting Solusi Upload Javascript dan Gambar ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung.

Tags: Cara unduh menggunakan firebase, firebase untuk simpan foto gambar video, hosting file dan web di firebase, firebase untuk file google drive
Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal Lewat Hp
Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal Lewat Hp