Apakah Artikel dengan Judul Yang Clickbait Itu Bagus?

Apakah Artikel dengan Judul Yang Clickbait Itu Bagus? Postingan kali ini saya buat dengan tujuan menanggapi pertanyaan seorang teman blogger saya via email "bal, artikel dengan judul clickbait itu bagus nggak?", ya pertanyaan yang umum sekali, karena teman saya tidak mempertanyakan bagus dari sisi apanya. Oke, sebelum kita membicarakan lebih jauh tentang tema ini, ada baiknya saya sedikit menjelaskan kepada sobat yang belum tahu apa itu judul yang clickbait. Kita fokus ke kata "clickbait" nya, yaitu berarasal dari dua kata bahasa Inggris; click dan bait. click adalak ngeklik itu sendiri sedangkan bait adalah mata pancing atau umpan. Jadi judul artikel yang clickbait memiliki makna yaitu judul artikel yang memancing para pengguna internet untuk mengkliknya sehingga mereka menjadi visitor dari web atau blog yang ditargetkan. Biasanya judul yang clickbait ini sangat provokatif sekali, bombastis, dan benar-benar menggiurkan untuk diklik dikarenakan sulit ditebak apa isinya. Bagaimana tidak menggiurkan? biasanya kata-kata yang digunakan benar-benar membangkitkan rasa keingintahuan para calon pengunjung dan rasanya akan menyesal jika tidak mengkliknya, belum lagi ternyata didukung oleh media seperti gambar yang menarik dan tentunya sangat mendukung judul yang menggiurkan tersebut. Dikarenakan teknik tersebut kini menjadi trend untuk membuat blog dibanjiri oleh banyak pengunjung, maka tidak berarti teknik tersebut selalu dipandang positif oleh kebanyakan visitor blog. Atau setidaknya teknik tersebut memiliki sisi positif dan negatif yang harus sobat ketahui dan pertimbangkan sebelum menerapkan trik ini di blog sobat.

judul artikel yang clickbait


Sesuai dengan judul post kali ini, melalui postingan ini saya akan sedikit mengulas sisi positif dan negatif dari penggunaan judul artikel post yang clickbait. Semua yang ada di dunia ini tidak ada yang mutlak hanya memiliki sisi positif semata, begitu pula dengan teknik yang dikenal dengan sebutan click-bait ini. Maka dari itu, saya akan berusaha memaparkan sebanyak mungkin informasi yang berkaitan dengan cara yang sedang gencar dilakukan oleh kebanyakan blogger masa kini. Munculnya trik ini tidak lain dikarenakan sekarang adalah eranya sosial media. Banyaknya orang yang berkumpul di situs-situs web sosial media seperti facebook, twitter, dsb tidak dibiarkan sia-sia begitu saja oleh para blogger dan webmaster yang kreatif, mereka terus mencari ide untuk mengubah derasnya jumlah pengguna sosmed menjadi profit dengan salah satunya mengubah mereka menjadi visitor atau pengunjung website atau blog tertentu.

Tujuan saya membuat tulisan ini yaitu selain menjadi jawaban untuk pertanyaan teman saya itu tadi, juga bertujuan untuk membagikan informasi mengenai pembuatan judul artikel yang clickbait sebagai salah satu metode untuk mendatangkan pengunjung blog dari situs-situs web sosial media maupun search engine. Dengan membaca tulisan saya ini saya berharap sobat semua akan memiliki pemandangan dan pemahaman yang baik tentang teknik ini. Ingat baik-baik, setiap teknik bahkan yang berkaitan dengan SEO sekali pun memiliki kekurangan dan kelebihan yang juga dikuti oleh sisi positif dan negatif dari penerapan teknik tersebut. Apapun akan menjadi negatif jika digunakan dengan kurang bijak atau tidak proporsional, namun akan menjadi positif tatkala sobat pandai menggunakan apa saja di tempatnya dan sesuai kebutuhan.

Contoh Judul Artikel Post Yang Clickbait

Seperti yang telah saya katakan pada paragraf awal bahwa suatu judul post akan dikatakan clickbait jika mengandung beberapa ciri, di antaranya; provokatif, bombastis, dan unpredictable (tidak bisa ditebak sehingga menimbulkan rasa penasaran yang mendalam). Jika dilihat dari ciri-ciri yang telah saya sebutkan sobat sudah bisa membayangkan seperti apakah bentuk judulnya, maka itu bagus. Untuk melengkapi, saya sertakan gambar yang berisi contoh judul yang clickbait berikut ini.

contoh judul normal dan clickbait


Bagaimana sobat, sudah tahu kan bentuk judul yang clickbait itu seperti apa?

Sejujurnya, saya pribadi memandang penggunaan judul clickbait dalam suatu artikel post merupakan salah satu upaya atau metode untuk meningkatkan popularitas konten informasi yang ada di blog kita dan merupakan bukan suatu teknik yang illegal dalam kegiatan blogging asal kita menggunakannya dengan baik dan bijak. Pernah dengar istilah konten viral? Ya, konten viral adalah konten yang dibagikan (share) oleh banyak pengguna akun sosial media hingga hampir semua pengguna yang ada di lokasi tertentu benar-benar mengetahui konten informasi tersebut. Tahukah sobat, bahwa lahirnya konten viral itu tidak semata-mata dikarenakan judul yang menggoda, akan tetapi juga dikarekan isi dan judul konten tersebut benar-benar sesuai dan tidak membuat para pengunjung / pembaca merasa kecewa karena telah mengkliknya, yang ada justru tertarik untuk membagikannya ke status mereka dengan senang hati dan proses menuju viral pun dimulai dari sini.

Sisi positif dan negatif penggunaan judul yang clickbait

Positif

  1. Memungkinkan dapat banyak klik yang artinya akan mendapatkan banyak pengunjung.
  2. Mendongkrak popularitas web atau blog sobat.
  3. Menambah jumlah like facebook, twitter, hingga instagram yang berada di widget blog sobat.
  4. Memungkinkan penghasilan dari iklan (baik iklan pribadi maupun iklan yang menggunakan pihak ketiga seperti adsense).

Negatif

  1. Walau banyak mendapatkan klik, namun besar kemungkinan para pengunjung hanya sebentar di blog sobat yang pada akhirnya membuat bounce-rate blog semakin membengkak dan tentu ini sangat berpengaruh pada kualitas peng-index-an blog sobat di serp search engine seperti google.
  2. Blog sobat memang akan menjadi populer namun dalam arti yang negatif, dan justru memiliki kemungkinan untuk tidak dikunjungi lagi oleh para pengguna sosmed di lain waktu. Kebanyakan dari mereka sudah hafal dengan page facebook dan url blog milik sobat.
  3. Jumlah unlike page facebook dan unlike twitter terus meningkat.
  4. Kemungkinan sobat memperoleh penghasilan tambahan dan terus meningkat memang ada, jika sobat menggunakan iklan pribadi maka itu baik-baik saja. Namun jika sobat menggunakan iklan pihak ketiga seperti google adsense, maka besar kemungkinan akan menghasilkan banyak invalid click. Invalid click yang diperoleh disebabkan oleh banyak hal, di antaranya dikarenakan banyak pengunjung blog yang datang dari situs sosmed (sosial media) yang mengunjungi artikel sobat lalu mengklik iklan, akan tetapi mereka buru-buru meninggalkan blog sobat sebelum selesai membaca konten informasi hingga akhir. Invalid click ini juga akan membatalkan jumlah penghasilan sobat yang sudah masuk dalam kategori estimated earning (saldo perkiraan) hingga hanya beberapa penghasilan saja yang dihitung sah.


Sisi negatif pada poin pertama hingga ketiga akan benar-benar terjadi dikarenakan sobat tidak menggunakan teknik clickbait dengan tepat dan baik. Sobat terlalu fokus pada pembentukan judul post yang menggoda namun isi post yang ada tidak mengikuti judul. Tentu yang terjadi adalah adanya rasa kecewa dari para pengunjung blog sobat, sehingga mereka benar-benar mengingat dengat baik ciri khas konten dan judul bahkan url blog sobat agar mereka tidak terjebak di lain waktu. Jujur saja sobat, jika hal ini benar-benar terjadi, itu sangat buruk sekali untuk masa depan blog kita. Dan sisi negatif yang berada di poin keempat dikarenakan sobat hanya mengandalkan trafik / pengunjung blog yang berasal dari situs web sosmed seperti facebook, ingatlah sobat... jika konten yang sobat sediakan kurang menarik, maka mereka akan buru-buru meninggalkan blog sobat dalam hitungan detik.

Solusi mengatasi sisi negatif penggunaan judul clickbait

Solusi untuk poin nomor satu hingga tiga tentu saja agar sobat membuat judul dan konten benar-benar saling sesuai satu sama lain. Dengan penggunaan judul yang clickbait ini sobat berusaha untuk memberi tahu kepada para pembaca bahwa sobat memiliki konten yang bagus dan berkualitas, sangat rugi jika tidak dibaca, ketika para pengunjung melihat judul yang digunakan oleh sobat sangat provokatif maka mereka akan memahaminya sebagai suatu tindakan yang profesional dan sangat pantas dilakukan mengingat isi post yang disajikan benar-benar mengobati rasa penasaran dan memang dikarenakan tulisan yang ada di post enak untuk dibaca. Sobat boleh memilih gambar tertentu sebagai penguat judul, namun jangan sampai lupa untuk menghadirkan konten atau isi yang manfaatnya setelah dibaca sama sekali tidak kalah dengan judul yang membuat mereka tergoda untuk mengkliknya. Jika sobat benar-benar menerapkan tips tersebut, maka tinggal tunggu saja tanggal mainnya, para pengunjung akan senang hati berlama-lama di blog sobat serta blog dan konten sobat akan menjadi viral di sosmed!

Solusi untuk poin nomor empat. Usahakan agar sumber trafik pengunjung blog sobat tidak semata-mata berasal dari situs-situs web sosmed seperti facebook, twitter, dan google plus. Artinya sobat harus mengusahakan agar blog sobat juga menghasilkan trafik dari situs mesin pencarian seperti google search, bing, maupun yahoo yang persentasenya tidak kalah banyak dengan trafik yang dihasilkan dari situs-situs somed. Dengan begitu, jumlah invalid click bisa dikurangi yang artinya penghasilan bersih sobat akan semakin meningkat. Untuk menghasilkan banyak pengunjung dari google dan kawan-kawannya tidak perlu banyak trik dan tips, sobat hanya perlu terus update konten yang bermanfaat dan jangan lupa untuk submit url atau link blog sobat ke layanan add url milik mereka. Untuk submit url ke google, silahkan untuk mengunjungi https://www.google.com/webmasters/tools/submit-url dan untuk submit url ke bing, silahkan untuk mengunjungi http://www.bing.com/toolbox/submit-site-url di browser sobat.

Kesimpulan:
Penggunaan teknik clickbait di dalam judul post artikel sangat bagus untuk mendatangkan banyak pengunjung blog dan juga mampu meningkatkan popularitas blog dan konten yang ada di dalamnya, selain itu juga mampu meningkatkan jumlah penghasilan sobat dari layanan iklan yang ada. Tentu hal itu akan benar-benar bisa terwujud jika sobat menerapkan tips-tips sederhana yang telah saya sampaikan di tulisan saya di atas.

Mungkin sekian saja dulu ulasan saya mengenai penggunaan clickbait dalam menghasilkan banyak visitor di blog. Semoga tulisan ini bermanfaat dan terima kasih telah berkunjung kemari.

Tags: Artikel judul clickbait, apa itu judul clickbait dalam artikel, cara menggunakan teknik clickbait yang baik, menghasilkan trafik pengunjung blog dengan clickbait.
Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal Lewat Hp
Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal Lewat Hp