Koneksi Internet Lambat? Perhatikan Cara Menstabilkan

Internet memang menjadi salah satu kebutuhan utama manusia. Hampir semua kebutuhan hidup bisa dipenuhi dengan menggunakan internet. Yang paling terasa perubahannya ialah jual beli, yang dulunya antara penjual dan pembeli harus bertemu langsung, dengan adanya internet memungkinkan terjadi transaksi jual beli jarak jauh, bahkan terpisah pulau hingga Negara. Seiring dengan bergantungnya kebutuhan akan internet, kendala juga sering ditemui dan salah satu yang sering terjadi ialah koneksi internet lambat.

Koneksi Internet Lambat? Perhatikan Cara Menstabilkan


Koneksi internet lambat seolah sekarang menjadi masalah berarti dalam hidup ini, tak jarang hingga membuat emosi. Nah, dalam kesempatan ini, admin akan memberikan panduan singkat cara menstabilkan koneksi internet lambat. Berikut ialah caranya:

1. Hindari buka Banyak Tab

Biasanya yang banyak dilakukan oleh banyak orang ketika koneksi internet lambat ialah dengan mengurangi tab-tab yang banyak dibuka secara bersamaan. Memang asyik sekali membuka banyak tab apalagi ketika menjelajah sesuatu yang menarik minat kita di browser. Sampai kita gak sadar bahwa banyak tab yang dibuka secara bersamaan.

Namun masih banyak yang beranggapan bahwa membuka banyak tab ini tidak menjadi masalah untuk koneksi internet. Hal itu ternyata memang membatasi koneksi internet karena lalu lintas data internet yang juga akan penuh dan sibuk. Jika satu browser atau bahkan beberapa browser dibuka bersamaan dengan tab yang banyak, maka bisa jadi pemicu koneksi internet lambat.

2. Lihat Kondisi Jaringan

Jika sudah mengurangi tab di browser, kok koneksi internet masih lambat, maka bisa jadi kondisi jaringan internet anda yang bermasalah atau sedang ada gangguan. Nah, periksa apakah anda menggunakan modem, theatering, atau menggunakan jaringan wifi.

Bisa jadi koneksi internet lambat tersebut karena perangkat internet sudah tidak bekerja maksimal lagi. Sebagai contoh ketika anda menggunakan modem, maka kondisi modem biasanya sudah mencapai suhu yang panas. Jika terjadi kondisi seperti itu, maka anda bisa copot modem sementara dan mencolokkan lagi. Atau jika jaringan anda berbagi dari smartphone, maka bisa jadi provider jaringan yang disediakan lewat hp baru kurang baik.

Oleh karena itu, jika koneksi anda berbagi dengan hp, maka lebih baik memilih waktu yang tepat untuk internet, seperti pagi hari setelah sholat subuh misalnya, dimana penggunanya belum terlalu banyak, atau sekalian tengah malam.

Lain lagi jika anda menggunakan jaringan wifi, maka jika terjadi jaringan bisa menghubungi service support-nya. Biasanya kalau memang kondisi jaringan sedang down yang disebabkan dari pusat akan ada pemberitahuan, namun jika tidak biasanya yang terjadi trouble adalah tempat anda sendiri.

Atau bisa anda bisa lakukan trouble-shooting sendiri dengan melihat posisi router yang mana penempatannya terhalang oleh tembok atau barang lain yang menyembabkan sinyal menjadi jelek di perangkat anda.

Baca juga : Jual Hosting murah DomaiNesia

3. Lihat Jumlah Pengguna

Koneksi internet lambar selanjutnya bisa jadi karena penggunanya yang banyak. Jadi yang menggunakan tidak hanya anda, namun ada orang lain. Kalau seperti ini, yaw ajar saja jika koneksi internet menjadi lambat. Untuk melihat apakah koneksi internet digunakan berapa orang, anda bisa membuka pengaturan wifi atau hp anda.

Tentu akan berbeda kecepatan jaringan internet yang digunakan sendiri dengan banyak orang. Kalau menggunakan wifi, namun itu juga kadang itu sepenuhnya berpengaruh, kecuali paket internet yang anda pilih dengan bandwith yang besar. Kalau hanya kecil, maka digunakan oleh lebih satu orang biasanya akan lemot.

Untuk mengantisipasinya, anda bisa menggunakan internet untuk akses yang berat seperti buka youtube, ketika jumlah penggunanya sedikit. Namun kalau hanya web-web ringan, bisa anda buka kapan saja tanpa harus memperhatikan jumlah pengguna.

4. Jangan-jangan kuota habis

Ini yang sering tidak disadari, sudah cek sana-sini kenapa kok koneksi internet lambat, bahkan sudah menghubungi provider internet kok masih lemot. Jangan-jangan kuota internet anda sudah habis atau melebihi ambang batas.

Kalau anda menggunakan koneksi dari hp, maka bisa jadi kuota internet ponsel anda telah habis. Namun jika menggunakan wifi bisa jadi fup anda sudah mencapai batas maksimal. Biasanya untuk provider internet itu membatasi penggunaan internet apakah itu harian atau bulanan, jika sudah mencapai batas maksimal biasanya kecepatannya akan turun atau dibatasi, tetap bisa mengakses situs tertentu, namun kecepatan jadi turun drastis.

Baca juga : Penjelasan GT Metrix

Itulah 4 hal yang sering terjadi dan ditemukan dalam kehidupan sehari-hari mengenai penyebab koneksi internet lambat dan cara mengatasinya. Jadi gak perlu bingung atau panik lagi ya ketika koneksi internet anda tiba-tiba lambat. Coba lakukan langkah-langkah di atas dulu, cek satu per satu jika memang belum ketemu bisa meminta bantuan dari provider jaringan anda. Pastikan juga anda memilih jaringan internet yang terbukti lancar di tempat anda.
Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal Lewat Hp
Cara Mendapatkan Uang Tanpa Modal Lewat Hp